Blog

Uncategorized

Jangan Tertipu, Ketahui Merk Essential Oil yang Bagus! Pelajari Cara Membedakan Kualitasnya di Dini

Banyak orang beranggapan bahwa semua produk berlabel “essential oil” merupakan minyak esensial yang asli dan alami. Sayangnya, tidak semua produk tersebut berasal dari bahan alami atau asli dari tumbuhan.

Seiring kemajuan teknologi, di pasaran banyak ditawarkan ‘minyak esensial yang bagus’ namun dibuat dari bahan kimia. Padahal syarat utama merk esensial oil yang bagus dan aromaterapi haruslah menggunakan minyak saripati tumbuhan.

Nah untuk menghindari tertipu membeli minyak  esensial palsu, yang patut pertama kali diperhatikan adalah merk esensial oil yang akan kamu beli. Pastikan membeli merk essential oil yang bagus dengan memperhatikan. Selain itu perhatikan tips sederhana berikut ini:

  1. Teteskan essensial oil pada kertas lalu tunggu beberapa jam. Minyak esensial tidak akan meninggalkan bekas sama sekali kerena mudah menguap, kecuali pada minyak esensial berwarna gelap seperti patchouli, chamomile jerman, sandalwood atau akarwangi. Selain jenis minyak-minyak tersebut, apabila essensial oil meninggalkan bekas pada kertas seperti terkena minyak goreng (terlihat transparan) maka kemungkinan sudah dicampur pelarut atau minyak esensial sintetis.
  2. Bau aromanya. Minyak esensial oil sintetis wanginya lebih tajam. Begitu pun apabila essensial oil  dicampur alkohol akan tercium.
  3. Gunakan harga minyak esensial mawar (rose) atau melati (jasmine) yang sangat mahal sebagai patokan. Harga minyak mawar atau melati yang asli mencapai ratusan ribu rupiah per mililiter. Bila didapati harga jauh di bawah itu, maka kita patut curiga itu minyak sintetis. Selain itu, jika Anda menemukan aneka jenis minyak esensial dalam volume sama dengan harga yang sama sebaiknya jangan membelinya, sebab harga minyak essensial asli berbeda-beda tiap jenisnya.
  4. Beberapa minyak esensial tidak dapat dihasilkan secara alami seperti lily, lotus, magnolia, peach, strawberry, green tea, apel. Semuanya merupakan minyak essensial oil sintetis kecuali bila harganya amat mahal.
  5. Merk essential oil yang bagus dan alami selalu dikemas dalam botol kaca berwarna gelap, karena ia mudah rusak akibat sinar matahari dan panas.

Itulah kelima tips  untuk membedakan minyak esensial alami. Untuk selalu mendapatkan minyak esensial alami selalu belilah merk essential oil yang bagus di distributor yang terpercaya yang hanya jual essential oil asli. Salah satunya adalah di sehatalamioil.com yang merupakan distributor mandiri dari salah satu merk essential oil yang bagus, yaitu Young Living essential oil.

EDUKASI, Essential Oil

3 Cara Penggunaan Essential Oil

Apakah kamu sudah tidak sabar ingin merasakan kegunaan essential oil untuk kehidupan sehari-hari? Terdapat 3 cara penggunaan essential oil yang sudah umum. Agar pengalamanmu bersama essential oil lebih menyenangkan, simak 3 cara penggunaan essential oil berikut:

diHIRUP

Menghirup essential oil meningkatkan ketajaman indra dan dapat memicu respons positif yang diinginkan di dalam tubuh. Beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menghirup essential oil:

  1. Langsung hirup atau cium dari botol essential oil. Sebaiknya tidak menempelkan hidup pada botol, berikan sedikit jarak antara botol dan hidung.
  2. Diffuse atau sebarkan essential oil menggunakan alat diffuser dari Young Living. Diffuser akan menyebarkan essential oil ke dalam bentuk uap micro halus ke udara. Diffuser dari Young Living tidak akan memanaskan essential oil sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat optimal essential oil. Panas dapat merusak bagian penting di dalam essential oil sehingga mengurangi manfaatnya.
  3. Penuhi humidifier dengan air. Ambil tissue atau kain kecil, teteskan essential oil. Lalu letakkan di depan uap yang keluar. Jangan memasukkan essential oil ke dalam humidifier karena dapat merusak humidifiermu (essential oil akan mengapung di air dan tidak ikut keluar seperti apabila menggunakan diffuser).
  4. Masukkan air panas ke dalam wadah, teteskan beberapa essential oil lalu tutup kepala dengan handuk sehingga menyerupai tenda. Hirup aromanya perlahan. Gunakan cara ini apabila terpaksa (tidak ada diffuser atau sedang flu berat).

diOLES

Oleskan essential oil pada bagian-bagian tubuh yang memerlukan. Selalu dilute atau encerkan dengan V-6 Enhanced Vegetable Oil Complex atau minyak sayur murni sebagai carrier oil (misal: vco, almond oil, grapeseed oil). Baca lebih lanjut soal dilute atau dilution di sini. Metode dilute akan melindungi kulit yang sensitif.

Dimana lokasi oles essential oil?

  • Puncak kepala
  • Pelipis
  • Belakang teling
  • Leher
  • Tengkuk
  • Perut
  • Di atas organ vital
  • Kaki
  • Telapak Kaki

Bagaimana cara meneteskan essential oil?

  1. Miringkan botol sehingga essential oil menetes ke telapak tangan dalam (atau di area yang ingin ditetesi dan terjangkau tangan). JANGAN tempelkan tangan atau jari ke bukaan botol essential oil, agar essential oil tidak terkontaminasi.
  2. Setelah diteteskan di tangan, gosok kedua tangan bersama, pijatkan essential oil ke area yang membutuhkan. Ulangi apabila dibutuhkan.

PERHATIAN: Essential oil sangat ampuh dan terkadang membuat kulit sensitif terhadap essential oil. Apalagi terjadi sensitivitas kulit, segera olesV-6 Enhanced Vegetable Oil Complex atau carrier oil lain di area yang sensitif. Mohon baca label di botol essential oil untuk melihat saran dilute setiap essential oil.

diMINUM

Saran apabila mau* meminum atau mengkonsumsi essential oil:

  1. Masukkan essential oil ke dalam kapsul dan minum dengan air.
  2. Masukkan 1-2 tetes ke dalam segelas air atau susu beras. Gunakan gelas atau botol kaca.
  3. Berikan 1-2 tetes pada roti atau taburkan di atas makanan saat memasak.
  4. Berikan 1-2 tetes pada Blue Agave dan telan.
  5. Teteskan langsung pada lidah dan telan. NAMUN ini adalah metode yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Banyak essential oil yang sangat tajam dan kuat, harus dicoba dengan meneteskan pada sendok dan coba

* Mohon berkonsultasi dengan pihak yang menjual Young Living ke kamu, sebelum mengaplikasikan metode ini. Jangan mengaplikasikan metode ini dengan sembarangan.

Kemurnian Young Living essential oil tidak diragukan lagi, sehingga essential oil dari Young Living sangat majur, ampuh, dan efektif. Untuk penggunaan essential oil yang bertanggung jawab, baca seluruh label yang ada di botol essential oil dan ikuti petunjuk penggunaanya. Hubungi Young Living Independent Distributor untuk mendapatkan tips dan petunjuk sesuai dengan buku Essential Oil User’s Guide atau Desk Reference.

Carrier OIl, EDUKASI

Ukuran Dilute atau Dilution Essential Oil

Untuk membantu mengetahui ukuran dilute atau dilution (pengenceran) Essential Oil agar aman digunakan, mohon melihat ukuran di bawah ini.

Ukuran pengenceran essential oil untuk 600 tetes atau 30 ml carrier oil :

  • 1% dilution (pengenceran) = 6 tetes essential oil
  • 2% dilution (pengenceran) = 12 tetes essential oil
  • 2.5% dilution (pengenceran) = 15 tetes essential oil
  • 5% dilution (pengenceran) = 30 tetes essential oil atau 1.5 ml
  • 10% dilution (pengenceran) = 60 tetes essential oil atau 3 ml

Ukuran pengenceran essential oil yang lebih kecil:

Untuk memudahkan, bisa juga memakai ukuran 1 sendok teh (5ml) carrier oil.

1 sendok teh carrier oil + 1 tetes essential oil = 1% dilution (pengenceran)

1 sendok teh carrier oil + 2 tetes essential oil = 2% dilution (pengenceran)

1 sendok teh carrier oil + 3 tetes essential oil = 3% dilution (pengenceran)

Catatan: hanya berlaku untuk sendok teh, tidak bisa untuk sendok makan atau pun sendok lain (apalagi sendok sup ya bu ibu…)

Tabel Konversi Carrier Oil (Volume)

600 tetes carrier oil 30 ml 2 sendok makan
300 tetes carrier oil 15 ml 1 sendok makan
100 tetes carrier oil 5 ml 1 sendok teh
20 tetes carrier oil 1 ml 1/5 sendok teh
EDUKASI

Metode Dilute. Apa Maksudnya?

DILUTE atau DILUTION atau melarutkan dalam dunia essential oil artinya mencampur beberapa tetes essential oil dengan carrier oil sebelum dioleskan ke kulit.

Dilute atau dilution memastikan essential oil dapat diterima dengan nyaman oleh kulit, baik orang dewasa mau pun anak-anak. Dilution tidak mengurangi efek baik dari essential oil untuk tubuh kita. Malahan, dengan metode dilute atau dilution kita dapat mengurangi pemakaian berlebihan atau hemat essential oil. Setiap botol Young Living memiliki petunjuk dilute atau dilution yang bisa diikuti.

Lalu, apa itu Carrier Oil?

Carrier oil diambil secara natural dari tumbuh-tumbuhan (vegetarian) atau biasanya dikenal sebagai minyak nabati dan memiliki bau yang netral. Carrier oil tidak mudah menguap seperti essential oil, hal ini yang membuat carrier oil menjadi perantara sempurna untuk essential oil dan kulit kita.

Apa yang bukan Carrier Oil?

  • Shortening,
  • Butter,
  • Mentega,
  • Margarin,
  • Mineral oil,
  • Produk seperti petroleum jelly.

Produk-produk di atas tidak dapat dipakai sebagai carrier oil.

Bagaimana cara memakai Carrier Oil?

Essential oil lebih cepat menguap, memiliki bau yang khas, dan memiliki kemampuan atau karakter tanaman. Hal ini membuat essential oil terlalu kuat untuk langsung dioleskan begitu saja, terutama bagi mereka yang baru mencoba menggunakan essential oil atau bagi beberapa essential oil yang “panas”. Dilute juga menjadi metode mengurangi konsentrasi jumlah essential oil tanpa mengurangi kemampuan atau kualitas terapeutiknya yang hebat.

 

Apakah Carrier Oil ada batas waktu pemakaiannya?

Seperti pada benda-benda lain yang tinggi lemak, carrier oil memiliki waktu pemakaian terbatas. Pada akhirnya carrier oil bisa rusak. Biasanya carrier oil dipakai dalam waktu 6 bulan sejak dibuka. Sebaiknya simpan carrier oil dalam wadah yang tertutup rapat di tempat yang dingin dan gelap untuk memaksimalkan waktu pakainya.

Apa saja Carrier Oil yang bisa digunakan?

V-6 Vegetable oil YOUNG LIVING 236mlV-6 Carrier Oil Vegetable Complex**

Formula yang dikembangkan oleh Young Living ini mengandung fractionated coconut oil, grapeseed oil, sweet almond oil, wheat germ oil (mengandung banyak Vitamin E dan menjadi pengawet alami), minyak bunga matahari, dan minyak zaitun. Melembabkan dan menutrisi kulit. Carrier Oil yang sangat bagus untuk semua jenis essential oil.
**Perhatian: Dapat menyebabkan reaksi pada penderita alergi kacang.

Grapeseed Oil
Light and thin consistency
Well suited for massages; leaves a light glossy film over the skin
Moisturizing
High in linoleic acid
Relatively short shelf life

Sweet Almond Oil*
Slightly sweet, nutty aroma
Medium consistency
Absorbs relatively quickly; leaves a slight hint of oil on the skin
Rich in vitamin E and oleic acid
Moisturizing
Good all-purpose carrier oil
*Perhatian: Dapat menyebabkan reaksi pada penderita alergi kacang.

Jojoba Oil
Slightly nutty aroma
Medium consistency
Superior, non-greasy absorption, similar to the skin’s natural oils
Moisturizing for skin and hair
Long shelf life

Olive Oil
Popular, easy-to-find oil used in both topical and culinary applications
Thicker consistency; leaves an oily feel on the skin
Stronger aroma
Good source of oleic acid (omega fatty acid)
Relatively short shelf life

Fractionated Coconut Oil
Tidak seperti coconut oil, fractionated coconut oil tidak padat di suhu ruang
No noticeable aroma
Absorbs well; leaves skin feeling silky and moisturized; non-greasy
High in essential fatty acids
Tahan lama

Coconut Oil
Padat di suhu ruang
Distinct coconut aroma
Solid white color
Leaves a moisturizing, oily feeling layer on top of the skin
Tahan lama

Cocoa Butter
Padat di suhu ruang dan sulit digunakan
Paling baik digunakan saat cair dan dicampur dengan carrier oil lain
Sweet, chocolate aroma

Shea Butter
Padat di suhu ruang
Nutty aroma
Cream colored
Moisturizing to skin and hair; leaves behind a moisturizing, waxy-feeling layer

Carrier Oil mana yang paling sering kamu gunakan? Langsung komen aja ya 🙂